Legislator PKB Imbau Masyarakat Dukung Pembangunan Infrastruktur di Aceh

Rahmad Novandri | Kamis, 19/12/2019 21:16 WIB
Legislator PKB Imbau Masyarakat Dukung Pembangunan Infrastruktur di Aceh Irmawan (Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: dprgoid)

BANDA ACEH, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI Irmawan mengimbau agar masyarakat Aceh mendukung program Pemerintah Pusat yang saat ini sedang gencar membangun infrastruktur di daerah, termasuk Aceh. Dukungan tersebut diperlukan agar progres pembangunan infrastruktur tidak terhalang sehingga dapat memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat Aceh.

“Saya berharap kepada masyarakat Aceh agar memberikan motivasi, agar mendukung semua program pemerintah ini. Sehingga pada akhirnya, infrastruktur di Aceh ini bisa setara dengan daerah lain,” kata Irmawan saat mengikuti tim kunjungan kerja Komisi V DPR RI meninjau progres pembangunan infrastruktur di Pidie, Provinsi Aceh, Rabu, 18 Desember 2019.

Baca Juga: Marthen Douw Awasi Distribusi BBM Satu Harga di Papua

Saat ini, di Pidie Aceh sedang dilaksanakan pembangunan ruas jalan tol yang menghubungkan Pidie-Banda Aceh yang dilaksanakan dalam 6 sesi dengan target akan rampung di penghujung 2021. Sedangkan sesi 4 yang sedang dikerjakan saat ini diharapkan sudah dapat dinikmati masyarakat pertengahan tahun 2020 atau sebelum libur lebaran idul fitri 2020.

“Ruas jalan tol Banda Aceh-Pidie terdiri dari 6 sesi. Kemudian ada beberapa sesi Insya Allah bisa dioperasionalkan sebelum lebaran idul fitri nanti. Kemudian ada beberapa sesi lagi pekerjaannya masih di bawah 50 persen, tetapi secara total fase dari Banda Aceh-Pidie ini bisa dioperasionalkan maksimal di akhir 2021 nanti,” terang Legislator dapil Aceh I ini.

Terkait beberapa permasalahan seperti pembebasan lahan, Irmawan menganggap itu bukanlah suatu hal yang bersifat prinsip, namun lebih kepada teknis administrasi saja yang belum lengkap. “Jadi kita berharap dalam waktu dekat ini, secara umum persoalan lahan sudah di-clear-kan sehingga tidak ada persoalan dalam pembangunan infrastruktur kelaknya,” tandasnya.

Baca Juga: Anggota Fraksi PKB Wajib Buat Laporan Reses, yang Melanggar akan Disanksi

Selain akses tol, politisi fraksi PKB ini juga mengajak masyarakat Aceh untuk mendukung program Pemerintah Pusat yang sedang mengembangkan proyek pembangunan kereta api hingga ke Aceh. Sebagaimana diketahui infrastruktur rel kereta api yang menghubungkan Sumatera Utara (Sumut) – Besitang – Sungai Liput saat ini sudah mulai dibangun dan siharapkan sampai ke Banda Aceh.

“Marilah sama-sama kita dukung program pemerintah ini. Pemerintah Pusat ingin banyak membangun infrastruktur termasuk rel kereta api yang hari ini sudah dibangun dari Sumut sampai ke Besitang dan Sungai Liput, kita berharap juga proyek kereta api sampai hingga Banda Aceh,” pungkasnya.