Bonus Demografi Harus Diimbangi Dengan Peningkatan Kualitas Pendidikan

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 04/12/2019 19:28 WIB
Bonus Demografi Harus Diimbangi Dengan Peningkatan Kualitas Pendidikan Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI). (Foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful huda mengatakan bahwa dalam beberapa tahun mendatang Indonesia akan menghadapi bonus Demografi. Berdasarkan keterangan dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengalami peningkatan kelahiran drastis sehingga prediksinya adalah Indonesia akan mendapatkan tambahan demografi hingga enam belas tahun kedepan. Meskipun hal ini kedengarannya menggembirakan, Syaiful Huda memperingatkan kepada pemerintah untuk mengimbangi kualitas pendidikan di Indonesia.

"Bonus demografi bisa menjadi bencana kalau ternyata SDM yang dihasilkan dari Lembaga Pendidikan kita tidak mampu membekali mereka untuk bersaing di dunia kerja," jelas Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat 7 ini.

Baru-baru ini terdapat penilaian yakni posisi Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 mengalami penurunan, hal ini yang kemudian berusaha disuarakan oleh Syaiful dalam Sidang Komisi X.

"Peringkat Indonesia yang menempati posisi 75 dari 80 negara ini merupakan indikator jika kemampuan siswa kita dalam bidang Matematika, Ilmu Alam dan cara memahami bacaan masih jauh tertinggal dibandingkan dengan para siswa di negara lain," ujar Syaiful saat ditemui di Kantornya, Senayan.

Perlu diketahui bahwa peringkat Indonesia di Asia Tenggara masih berada dibawah peringkat Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand dalam test PISA.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini kemudian juga meminta pada pemerintah untuk membuat terobosan baru demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Berita Terkait :