Komisi I DPR Tekankan Upaya Dialog Selesaikan Masalah Papua

Rahmad Novandri | Senin, 11/11/2019 19:25 WIB
Komisi I DPR Tekankan Upaya Dialog Selesaikan Masalah Papua Ketua Tim Kunjungan Spesifik (Kunspek) Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid bersama rombongan menerima plakat usai berdialog dengan jajaran Pemda Provinsi Papua, Juamt (8/11). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid meminta aparat untuk mengedepankan aspek dialog ketika menanggapi aspirasi rakyat Papua. Menurutnya kegiatan dialog tersebut merupakan alternatif yang tepat guna menjaga situasi keamanan di Papua agar tetap kondusif pasca kerusuhan pada 19 Agustus 2019 lalu.

“Semua memang harus dilakukan dengan pendekatan dialog. Saya rasa tidak cukup dengan hanya mengedepankan gakkum (penegakan hukum), karena kita semua ini sama-sama warga negara Indonesia. Maka tidak boleh tertutup dialog antar bangsa. DPR paling utama mendengarkan aspirasi masyarakat,” tegas Meutya seperti dilansir dari dpr.go.id, Senin, 11 November 2019.

Baca Juga: Soal `Omnibus Law`, DPR RI Minta Masukan Pakar Hukum

Politisi Partai Golkar ini juga mengaku bahwa dirinya merasa lega bisa berkomunikasi langsung dengan tokoh-tokoh di Papua untuk menyerap aspirasi dan keinginan masyarakat Papua dalam keterlibatan mereka di dalam NKRI. Menurutnya apabila ada pelanggaran hukum yang terjadi dalam kasus kerusuhan yang melibatkan warga Papua, maka penegakan hukum harus tetap diutamakan.

“Kami bisa memahami keinginan teman-teman, masukan dari masyarakat Papua terkait perlu adanya penegakan hukum. Saya rasa bentuk statement politik dari para Anggota akan membantu mendorong narasi tersebut. Dan saya rasa walaupun Kepolisian bukan mitra kerja Komisi I, tapi saya rasa mereka akan mengedepankan hal itu,” tukas legislator dapil Sumatera Utara I ini.

Diketahui, beberapa waktu lalu Komisi I melakukan kunjungan ke Provinsi Papua. Kunjungan Spesifik (Kunspek) tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya menyelesaikan permasalahan di Provinsi Papua.

Baca Juga: Sesuai Visi Presiden, Komisi IX DPR Apresiasi Program Mitra Kerja

Kunspek ini diikuti oleh sejumlah Anggota Komisi I DPR RI diantaranya Rudianto Tjen (PDI-Perjuangan), Sturman Panjaitan (PDI-Perjuangan), HI Lodewijk Paulus (F-PG), Nurul Arifin (F-PG), Dave Akbarsyah Fikarno (F-PG), Sugiono (F-Gerindra), Yan Permenas Mandenas (F-Gerindra), Syaiful Bahri Anshori (F-PKB), dan Jazuli Juwaeni (F-PKS). 


Berita Terkait :