Pulang ke Tanah Kelahiran, Jazilul Fawaid Ingin Pencak Silat Bawean Berkembang

Rahmad Novandri | Rabu, 30/10/2019 23:07 WIB
Pulang ke Tanah Kelahiran, Jazilul Fawaid Ingin Pencak Silat Bawean Berkembang Jazilul Fawaid (Wakil Ketua MPR RI). (Dok PKB)

GRESIK, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid pulang ke tanah kelahirannya di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tiba dikampung halamannya, Jazil disambut atraksi para pendekar pencak silat Bawean di Pendopo The Mombhul Beach, Rabu, 30 Oktober 2019.

"Ini tempat kelahiran saya. Sebagai Wakil Ketua MPR, mudah-mudahan saya bisa memberi manfaat bagi Bawean," kata Jazil di hadapan para pendekar silat Bawean.

Baca Juga: Jazilul Fawaid Ajak Masyarakat Sukseskan Pelantikan Presiden dan Wapres

Jazil berpesan, warga Bawean harus memiliki dua keahlian, yaitu keahlian pencak silat dan membaca Alquran. Ia berharap agar pendekar Bawean menjadi mengawal Pancasila dan Islam.

"Saya berharap para pendekar Bawean ini bisa menjadi pengawal Pancasila dan Islam. Sebab, kalau Pancasila dicabut Indonesia akan runtuh. Saya yakin para tokoh ini selain cinta kepada agama, juga pada Pancasila," tuturnya.

Menurutnya, untuk menjaga nila-nilai yang terkandung dalam pencak silat, selain menjaga kesehatan rohani dan jasmani, pencak silat juga merupakan lambang kejantanan, sportivitas dan keberanian. "Sekarang ini anak-anak muda banyak yang penakut, tidak jujur dan tidak berani. Karena itu mereka perlu kita didik memiliki tanggungjawab dan keberanian," ujarnya.

Baca Juga: Sah! Jazilul Fawaid Jadi Wakil Ketua MPR RI 2019-2024

Kemudian, Jazil juga menyarankan agar para tokoh pencak silat di Bawean menggelar event tahunan. selain untuk melestarikan budaya, juga untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Bawean.

"Saya telah menggagas Hari Besar Bawean. Ini harus ada Hari Pencak Silat di Bawean supaya meningkatkan pariwisata. Saya akan support supaya nilai-nilai budaya ini terjaga. Sekarang ini anak-anak tidak suka pencak silat, tapi lebih suka taekwondo dan sebagainya. Bawean ini potensinya tidak kalah kalau dikembangkan. Jadi harus ada event khusus pencak silat," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Jazil juga menyerahkan bantuan untuk pembinaan pencak silat Bawean. 


Berita Terkait :