Ternyata Ini Alasan Jokowi Pilih Tito Karnavian Urusi Kemendagri

M. Isa | Jum'at, 25/10/2019 17:33 WIB
Ternyata Ini Alasan Jokowi Pilih Tito Karnavian Urusi Kemendagri Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah meneken Perpres tentang Mobil Listrik. (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 38 Menteri Kabinet Indonesia termasuk kepala lembaga, Rabu 23 Oktober 2019 lalu. Ada yang menarik, Presiden Jokowi menunjuk Kapolri Tito Karnavian untuk menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Belakangan, Presiden Jokowi mengungkapkan alasan memilih sang Jenderal tersebut ke masyarakat. Tito, menurut Jokowi, memiliki pengalaman di lapangan dan hubungan dengan daerah yang baik selama menjabat sebagai Kapolri.

Untuk itu, Presiden memberikan tugas kepada Tito Karnavian untuk mengawal cipta lapangan kerja agar investasi di daerah bisa berjalan dengan baik.

“Juga saya sampaikan yang berkaitan dengan pelayanan, utamanya di bidang yang berkaitan dengan pelayanan publik di daerah-daerah agar bisa dikoordinasi dengan baik dengan seluruh kepala daerah yang ada sehingga tata kelola dalam pelayanan kepada dunia usaha, dunia bisnis, dalam investasi, itu betul-betul bisa ramah, cepat, dan kita harapkan penciptaan lapangan kerja bisa dilakukan,” ungkap Presiden Jokowi.

Sementara untuk pengganti Kapolri, Presiden Jokowi mengajukan Komisaris Jenderal Polisi Idham Aziz ke DPR RI. Dalam waktu dekat DPR melalui Komisi III akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadapnya.