Antisipasi Kekeringan, Fraksi PKB Sumenep Dorong Pembangunan Desa Ciptakan Sumur Air

Ainur Rasyid | Kamis, 24/10/2019 13:28 WIB
Antisipasi Kekeringan, Fraksi PKB Sumenep Dorong Pembangunan Desa Ciptakan Sumur Air Irwan Hayat, Sekretaris Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sumenep. (doc. istimewa)

SUMENEP, RADARBANGSA.COM - Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Irwan Hayat mengatakan bahwa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) harus dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Fakta hari ini, kata Irwan Hayat banyak Desa yang mengalami kekeringan. Ia pun mendorong pemanfaatan DD dan ADD diperuntukkan mengatasi kekeringan dengan melakukan pengeboran menjadi titik sumber mata air.

“Dana Desa harus di gunakan dengan baik untuk kepentingan masyarakat, termasuk mengatasi kekeringan bisa dianggarkan melalui dana desa,” ungkapnya, Kamis, 24 Oktober 2019.

Tidak hanya itu, Irwan Hayat juga menghimbau agar DD dan ADD juga bisa digunakan untuk lahan penghijauan, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kekurangan air pada saat musim kemarau panjang.

Penghijauan bisa megnurangi konversi lahan di daerah hulu dan akan mengurangi aliran permukaan dan penguapan sehingga air tanah akan tersedia lebih lama.

“Hal ini penting menjadi rencana pembangunan desa, sehingga manfaat jangka panjang dari penggunaan dana desa dapat dirasakan oleh masyarakat,” Ujar Irwan Hayat.

Mantan Ketua Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Jogjakarta (Fs-KMMJ) itu, juga berharap anggaran dana desa direncanakan untuk membuatan embung desa. Pasalnya. hal ini juga ditegaskan dalam peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2017 Soal Prioritas dana desa 2018. Embung desa alias penampung air dalam skala besar sangat penting untuk menampung air saat hujan turun, apalagi juga tersedia sumur bor. Dan itu akan berdampak terhadap pertanian masyarakat desa.

“Kami menginginkan desa menjadi harapan masa depan anak muda, meraka tidak lagi keluar desa untuk mencari kerja. Namun, ketersediaan sumber daya alam dapat menjawab kebutuhan mereka,” pungkas Irwan Hayat.


Berita Terkait :