Deretan Srikandi di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-KH Ma`ruf Amin

M. Isa | Rabu, 23/10/2019 14:16 WIB
Deretan Srikandi di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-KH Ma`ruf Amin Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin mengumumkan jajaran Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Oktober 2019 di Istana Negara, Jakarta.

Berikut ini deretan menteri srikandi di Kabinet Indonesia Maju, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Ada, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Marsudi. Retno menjabat untuk kali kedua menjadi menteri setelah sebelumnya di kementerian yang sama.

Lalu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Nama Sri Mulyani memang tidak asing lagi karena ia pernah jadi menteri di zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hari ini ia kembali dilantik menjadi Menkeu oleh Presiden Jokowi setelah untuk kedua kalinya di kementerian yang sama.

Yang menarik adalah Ida Fauziyah yang dipercaya Presiden Jokowi menjadi sebagai Menteri Ketenagakerjaan. Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN Jokowi-KH Maruf Amin ini merupakan kader perempuan pertama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjabat sebagai menteri.

Soal karir politik atau pengalaman oraganisasi, Ida Fauziyah tak diragukan lagi, mulai karir partai yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PKB, DPR RI 4 periode, Ormas Keagamaan NU sebagai Ketua LKK NU dan lain-lain.

Selain ketiga orang itu, ada juga Siti Nurbaya yang kembali menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Terakhir, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang dijabat oleh Gusti Ayu Bintang Darmavati.


Berita Terkait :