Pemukiman Padat di Pelembang Terbakar, Rumah Orang Tua Kapolri Hangus

Ahmad Zubaidi | Rabu, 16/10/2019 17:31 WIB
Pemukiman Padat di Pelembang Terbakar, Rumah Orang Tua Kapolri Hangus (Foto tidak berkaitan dengan berita) Kebakaran Pabrik Korek Api di Binjai, Sumatera Utara (foto: rri)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Pangeran Sido Ing Kenayan, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Selasa 15 Oktober 2019. Insiden ini juga turut menghanguskan rumah milik orang tua Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian.

Kabar ini dibenarkan oleh asisten pribadi orang tua Kapolri, Rizal seperti dilansir dari laman Antara. Menurut Rizal, rumah tersebut merupakan aset milik ayah tiri Kapolri, yakni Andi Suandi dan bukan rumah utama, konstruksinya berbentuk rumah tradisional panggung berukuran 8 x 25 meter dengan lantai dasar dibuat bedeng dan lantai dua sebagai rumah utuh.

"Waktu kebakaran berkobar, beliau (Andi) sedang berada di rumah lainnya yang tidak jauh dari lokasi kebakaran, tapi beliau sempat melihat saat api masih menyala-nyala," ujar Rizal, Rabu 16 Oktober 2019.

Beruntungnya, kata dia, warga yang menyewa bedeng milik ayah tiri Kapolri itu diketahui selamat meskipun tidak tersisa lagi benda berharga di lokasi kejadian.

Menurutnya, Andi Suandi sudah merelakan rumahnya terbakar, bahkan Andi ikut membantu warga korban terdampak dengan mendirikan posko bantuan, sebab Andi juga menjadi Ketua RT 08.

"Beliau lebih khawatir dengan kondisi warganya karena rata-rata kerja jadi nelayan di Sungai Musi yang pendapatannya tidak seberapa," tambah Rizal.

Dia juga menyebut bahwa peristiwa kebakaran tersebut sudah disampaikan langsung Andi Suandi kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Sebelumnya Selasa (15/10), kebakaran hebat menghanguskan 62 rumah di RT 06 dan RT 08 Jalan Pangeran Sido Ing Kenayan, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang, akibatnya 81 kepala keluarga harus mengungsi.

Sekitar lokasi kejadian merupakan perkampungan lama orang-orang Palembang yang juga diketahui menjadi tempat Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghabiskan masa kecilnya hingga tamat SMA.


Berita Terkait :