Ajak Anak Muda Wujudkan Kedaulatan Pangan, Buwas: Pangan itu adalah Pokok

Rahmad Novandri | Kamis, 10/10/2019 21:20 WIB
Ajak Anak Muda Wujudkan Kedaulatan Pangan, Buwas: Pangan itu adalah Pokok Budi Waseso (Dirut Bulog). (Foto: bang Al/radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Bulog Budi Waseso berkomitmen ke depan Indonesia tidak ada lagi impor pangan. Menurutnya, Indonesia negara yang kaya hasil pangan sehingga tak perlu mengimpor pangan dari negara lain.

"Komitmen saya pokoknya jangan sampai pangan diimpor. Sebagai WNI yang baik itu ya membela bangsa dan negaranya, terutama para petani. Saya menyadari sumber kehidupan itu ada di Desa," ujar pria yang akrab disapa Buwas itu saat menjadi pembicara dalam diskusi Reformasi Agraria di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.

Baca Juga: Sebut Beras Bulog Jelek, Buwas Ancam Bongkar Kejahatan Penyaluran Raskin

Buwas mengakui sampai saat ini persoalan pangan masih menjadi masalah pokok. Untuk itu, mantan Kepala BNN itu mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan.

"Masalah ketahanan pangan itu pokok kita. Masyarakat yang unggul itu yang sehat, cerdas, pandai, itu mutlak. Kita lupa bahwa itu semua berawal dari pangan. Pangan itu penunjang, tapi siapa yang berpihak pada pangan? Kita bicara kedaulatan pangan tapi kita tidak pernah bekerja untuk itu," ujarnya.

Baca Juga: Stok Beras Berlimpah, Bulog Pastikan Tak Impor Beras Tahun Depan

Agar kedaulatan pangan itu bisa diwujudkan, Buwas mengimbau generasi milenial untuk bangga dengan produksi dalam negeri, terutama pangan. Jika impor pangan bisa dihentikan, maka petani akan sejahtera.

"Saya ingin mengajak anak muda agar bisa mewujudkan ketahanan pangan. Caranya yaitu dengan membangun kebanggan pada produksi dalam negeri, terutama pangan. Kenapa? Supaya Petani sejahtera," pungkasnya. 


Berita Terkait :