BMKG Pastikan Gempa Magnitudo 4,8 di Tasik Nihil Tsunami

Ahmad Zubaidi | Senin, 07/10/2019 07:22 WIB
BMKG Pastikan Gempa Magnitudo 4,8 di Tasik Nihil Tsunami Ilustrasi Gempa (foto BMKG)

TASIKMALAYA, RADARBANGSA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa magnitudo 4,8 yang terjadi Senin, 7 Oktober 2019 pukul 00.19 WIB dini hari tadi tidak berpotensi tsunami.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho berujar, gempa tersebut terletak pada koordinat 8.27 LS-108.24 BT di kedalaman 23 kilometer.

“Tepatnya berada di laut pada jarak 82 kilometer arah tenggara Kabupaten Tasikmalaya,” kata Hendro lewat keterangan tertulisnya.

BMKG menyatakan gempa tersebut tergolong dangkal. Penyebabnya adalah aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

Berdasarkan laporan warga dan peta guncangan gempa BMKG, gempa Tasikmlaya itu dirasakan juga di wilayah Pangandaran Jawa Barat dengan Skala Intensitas II MMI. Belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Hingga pukul 00:34 WIB nihil aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). BMKG meminta warga agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG.