Kondisi Wamena Berangsur Pulih Pasca Kerusuhan

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 04/10/2019 06:16 WIB
Kondisi Wamena Berangsur Pulih Pasca Kerusuhan Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengunjungi pengungsi korban kerusuhan Wamena (foto Twitter @HmsPoldaPapua)

WAMENA, RADARBANGSA.COM - Kapolda Papua Irjen (Pol) Paulus Waterpauw menyebut kondisi keamanan di Wamena, Papua, berangsur pulih pasca kerusuhan beberapa waktu yang lalu. Seluruh aktivitas warga mulai mendekati sediakala termasuk roda ekonomi yang berputar kembali.

"Situasi mulai pulih dan berangsur normal. Aparat keamanan akan terus menjaga situasi, sekaligus terus mengembangkan penyidikan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku kerusuhan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis 3 Oktober 2019.

Menurut Paulus, pohaknya telah menangkap tujuh tersangka yang diduga kuat menjadi dalang kerusuhan berujung tewasnya 30 lebih warga setempat.

“Kemarin kami sudah menahan tujuh tersangka, dan kita akan terus mengejar pelaku lainnya demi sama-sama menegakkan hukum," ujarnya.

Selain keamanan, lanjut Paulus, pasar yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Jalan Irian, Wamena sudah diramaikan pedagang yang menjajakan aneka kebutuhan pokok.

Di tengah kota, terutama di Jalan Trikora sudah mulai ramai dilalui kendaraan para pegawai dan pekerja menuju ke tempat mereka bekerja.

Meski masih ada pengungsi yang bertahan di sejumlah tempat, termasuk di kantor Polres Jayawijaya dan fasilitas milik TNI di Wamena, namun mulai menggeliatnya kegiatan sehari-hari menandakan kota tersebut mulai berangsur normal.

Pemulihan Wamena, baik dalam hal ekonomi, sosial dan keamanan diharapkan berjalan dengan cepat. Hal itu tak hanya didasari karena sebelumnya di Wamena tidak pernah terjadi konflik horizontal, namun juga masyarakat di kota tersebut tengah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dalam tiga tahun terakhir terus meningkat.


Berita Terkait :