Menyejukkan! Begini Potret Aksi Damai Mahasiswa di Sela Pelantikan DPR

Ahmad Zubaidi | Selasa, 01/10/2019 17:14 WIB
Menyejukkan! Begini Potret Aksi Damai Mahasiswa di Sela Pelantikan DPR Sejumlah mahasiswa berkumpul di sekitar Stasiun Palmerah dalam rangka aksi damai kawal pelantikan DPR (foto akuratco)

JAKARTA, RADARBANSGA.COM - Sejumlah mahasiswa kembali menggelar aksi di sekitar gedung DPR RI, Senayan, Jakarta berbarengan dengan pelantikan Anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2019-2024, Selasa 1 Oktober 2019.

Namun aksi kali ini nampak berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya. Setelah massa sampai di bawah jalan layang atau fly over Ladokgi Jalan Gatot Subroto, terdapat aparat keamanan dari TNI dan kepolisian menutup ruas jalan. Mereka bersiaga dan membawa tameng.

Namun sejumlah mahasiswa menghampiri aparat tersebut dan memberinya bunga. Terlihat aparat yang diberikan bunga hanya tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

"Ini buat bapak," ujar salah satu mahasiswi yang memberikan bunga kepada aparat yang berjaga di lokasi.

Menurut Presiden BEM UNJ, Muhammad Abdul Basit, aksi ini merupakan bentuk demonstrasi tanpa kekerasan. Ia menganggap aparat keamanan bukanlah musuh massa aksi.

"Bunga itu adalah bukti kalau ini adalah aksi damai," kata Basit.

Mereka lantas menyampaikan orasi di sekitar jalan Gerbang pemuda, Senayan dan berbaur dengan sejumlah aparat kepolisian dan TNI di lokasi tersebut.

Sementara di dalam gedung Kura-kura, prosesi pelantikan Anggota DPR, DPD dan MPR RI periode 2019-2024 nampak berjalan dengan baik.