Kerjasama dengan APO, Kemendesa PDTT Gelar Workshop Agricultural Transformation di Bali

M. Isa | Senin, 30/09/2019 20:14 WIB
Kerjasama dengan APO, Kemendesa PDTT Gelar Workshop Agricultural Transformation di Bali Kerjasama dengan APO, Kemendesa PDTT Gelar Workshop Agricultural Transformation di Bali (foto: kemendesagoid)

BALI, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa Pembangunan Darah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar workshop agricultural transformation di Bali, Senin 30 September 2019.

Workshop ini hasil kerjasama antara Kementerian Desa PDTT dengan the Asian Productivity Organization (APO). Ini juga merupakan kerjasama ke-4 dengan APO dalam meningkatkan kapasitas di bidang produktifitas.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT,  Anwar Sanusi dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan 4 program prioritas Kemendes PDTT di bidang pertanian, antara lain embung desa, produk unggulan desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), dan fasilitas ruang terbuka di desa.

Kebutuhan terhadap pangan, kata Anwar Sanusi semakin meningkat, namun ketersediaan dari sumber daya utama seperti lahan dan air untuk pertanian dan produksi pangan semakin menurun. Hal ini akan berdampak pada ketahanan pangan di masa depan.

“Workshop ini diharapkan dapat mereview kebijakan dan program-program transformasi pertanian dari setiap negara,” katanya.

Diketahui, dari 20 negara anggota APO antara lain Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, Iran, India, Fiji, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Pakistan, Mongolia, dan Laos. Sementara Singapura, Malaysia, Hongkong dan Kamboja tidak mengirimkan perwakilannya.