Menaker Paparkan 16 Layanan Sisnaker

Rahmad Novandri | Jum'at, 27/09/2019 18:16 WIB
Menaker Paparkan 16 Layanan Sisnaker Menaker Hanif Dhakiri menyampaikan sambutan dalam launching Sisnaker di Gedung Serbaguna Kemnaker RI, Jakarta, Jumat (27/9). (Foto: twitter @kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI melaunching Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) di Gedung Serbaguna Kemnaker, Jakarta, Jumat, 27 September 2019. Sisnaker ini merupakan sebuah terobosan baru Kemnaker untuk memberikan Single Service di Kemnaker.

"Kehadiran Sisnaker sangat penting untuk memastikan agar masyarakat memperoleh layanan terbaik, prima, realtime, dalam mengakses 16 layanan di Kemnaker," kata Hanif dalam sambutannya saat peluncuran Sisnaker.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan, Kemnaker Luncurkan SISNAKER

Hanif memaparkan, 16 layanan tersebut mencakup layanan pelatihan kerja; pemagangan; penggunaan TKA; wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan; kelembagaan; sertifikasi; karirhub; standarisasi kompetensi kerja; produktivitas; PP dan PKB; ijin K3 dan SMK3; serta layanan bantuan.

Baca Juga: Menaker: Perlindungan Terbaik Bagi Masyarakat adalah Perlindungan Skill

Melalui Sisnaker ini, sambungnya, maka informasi mengenai ketenagakerjaan baik di pusat maupun daerah menjadi satu pintu. Berbeda dengan dahulu yang informasinya menyebar terlalu luas ke berbagai website.

"Ibarat pintu, itu pintunya banyak sekali, dulu ada 85 website sehingga kalau orang masuk ke beberapa layanan, jadi memasukan data berkali-kali. Ini enggak efisien," ujarnya.

"Sekarang jadi satu layanan dan satu data. Karena penting untuk mendapatkan layanan yang real time," imbuhnya.


Berita Terkait :