Tak Hanya Manusia, Orangutan Borneo Juga Terserang ISPA

Ahmad Zubaidi | Selasa, 17/09/2019 08:45 WIB
Tak Hanya Manusia, Orangutan Borneo Juga Terserang ISPA Dua ekor Orangutan di penangkaran BOS (foto Twitter @borneo_ou)

PALANGKARAYA, RADARBANGSA.COM - Belasan orangutan yang sedang direhabilitasi di kawasan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOS) di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, dilaporkan terinfeksi saluran pernapasan akut akibat kabut asap beberapa pekan terakhir ini.

Dokter Yayasan BOS, drh. Viet membenarkan kabar tersebut. Menurutnya ISPA tidak hanya dialami Orangutan dewasa, namun bayi yang berada di kandang maupun sedang mengikuti sekolah hutan.

“Lokasi sekolah hutan memang tidak terlalu jauh dari hutan yang terbakar. Kemungkinan itu salah satu yang menyebabkan belasan orangutan mengalami ISPA,” katanya di Palangka Raya, Selasa, 17 September 2019.

Mengenai orangutan hasil rehabilitasi yang sudah dilepas di sejumlah hutan, Yayasan BOS belum ada menemukan ataupun mendapat informasi terpapar kabut asap. Meski begitu, pihak Yayasan BOS terus berupaya memantau hutan-hutan yang menjadi tempat pelepasliaran orangutan.

Viet mengatakan dirinya sekarang ini lebih fokus memantau dan merawat orangutan yang berada di pusat rehabilitasi. Apabila ada yang terinfeksi, maka langsung dilakukan penanganan dengan memberikan beberapa ramuan herbal dan suplemen vitamin serta lainnya.

“Kami memang ada membuat sendiri ramuan herbal dari bawang yang diberikan kepada orangutan terserang ISPA. Kan ada juga orangutan yang sempat terserang ISPA, berhasil disembuhkan. Tapi, karena ada kabut asap ini, ya kambuh lagi,” kata Viet.

Menurut BNPB pada 14 September 2019, kebakaran hutan tersebar di tujuh provinsi, yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, serta Papua.

Total titik panas adalah 4012. Total lahan yang terbakar sejak Januari hingga Agustus 2019 seluas 328.724 hektare. Dari luas tersebut, 27 persen di antaranya adalah lahan gambut. Selebihnya, lahan mineral.


Berita Terkait :