Sering Ditanya Soal Menteri, Jokowi: Itu Hak Prerogatif Presiden

M. Isa | Selasa, 03/09/2019 18:56 WIB
Sering Ditanya Soal Menteri, Jokowi: Itu Hak Prerogatif Presiden Presiden Jokowi saat menyalami Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin di MPR RI (foto: facebook)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kerap kali ditanya soal menteri-menteri yang akan masuk Kabinet Kerja Jilid II.

“Pak, siapa sih nanti menteri-menterinya? Siapa jadi menteri A? Lalu, Pak/Ibu B masuk ke kabinet nggak? Itulah pertanyaan yang datang kepada saya hari-hari ini. Tiap haji, menuju ke tanggal 20 Oktober. Yang ditanyakan itu-itu saja,” kata Presiden Jokowi, seperti dilihat radarbangsa dalam page facebooknya, Selasa 3 September 2019.

Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk bersabar. Ia pasti akan mengumumkan nama-nama calon menteri periode 2019-2024 mendatang. Pemilihan menteri merupakan hak prerogatif Presiden.

“Pertama, saya sampaikan: harap bersabar. Tunggu waktunya pasti akan kita umumkan. Kedua, seperti sering saya sampaikan: konstitusi kita mengatakan bahwa itu adalah hak prerogative presiden,” jelasnya.

“Jadi jangan ada yang ikut campur. Usul boleh. Bisik-bisik juga boleh. Tapi ya, sekali lagi, keputusan di tangan saya. Penyusunan kabinet adalah kewenangan Presiden. Hak prerogatif Presiden,” tegasnya.

Diketahui, Jokowi-KH Ma’ruf Amin terpilih menjadi Presiden dan Wapres 2019-2024 yang diusung dan didukung oleh sembilan partai politik seperti PDI Perjuangan, PKB, Golkar, Nasdem, PPP, Hanura, PSI, PBB dan PKPI.