Kedapatan Bawa Zam-zam Lebih, 150 Koper Jemaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya Dikembalikan

M. Isa | Jum'at, 16/08/2019 20:44 WIB
Kedapatan Bawa Zam-zam Lebih, 150 Koper Jemaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya Dikembalikan Jemaah Haji Indonesia (foto: kemenag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid mengatakan, ada sekira 150 koper jemaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB-01) terpaksa harus dikembalikan pihak maskapai untuk dibongkar sendiri oleh jemaah, karena kedapatan membawa air zam-zam.

“Itu ada satu truk koper dari Surabaya 1 kedapatan membawa cairan lalu kemudian dikembalikan ke hotel untuk dibongkar sendiri oleh jemaah," kata Subhan Cholid di Mekkah, Jumat 16 Agustus 2019.

Menurut Subhan, sejak kemarin pihak maskapai sudah mulai melakukan penimbangan bagi 15 kloter yang akan dipulangkan pada 17 Agustus 2019, besok. 

Subhan menuturkan pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada para jemaah agar tidak memasukkan zat cair ke dalam koper besar dalam jumlah yang banyak. "Nah tiap tahun, zat cair yang dimaksud adalah air zam-zam," imbuhnya. 

Subhan menceritakan, berbagai cara dilakukan jemaah untuk memasukkan zam-zam dalam koper. "Ada yang botolnya dibungkus dengan sajadah lima lapis, dibungkus kain ihram, dan sebagainya.  Padahal percuma, pasti terdeteksi pada mesin Xray," ujar Subhan dikutip dari laman kemenaggoid.

TAG : Haji 2019 ,

Berita Terkait :