Gerindra Raih Kursi Terbanyak di DPRD Provinsi Banten

Ahmad Zubaidi | Selasa, 13/08/2019 07:05 WIB
Gerindra Raih Kursi Terbanyak di DPRD Provinsi Banten Rapat pleno KPU Provinsi Banten terkait penetapan kursi DPRD Provinsi Banten (foto ANTARA News)

SERANG, RADARBANGSA.COM - Partai Gerindra berhasil mengalahkan PDI Perjuangan dalam perebutan posisi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten untuk periode 2019-2024.

Kemenangan Gerindra itu ditetapkan dalam rapat pleno terbuka KPUD Banten di Cilegon, Senin 12 Agustus 2019. Rapat pleno tersebut juga mengumumkan nama-nama calon anggota DPRD Banten terpilih hasil Pemilu 2019.

Dari 85 kursi, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak yaitu 16 kursi, disusul PDI Perjuangan 13 kursi dan Partai Keadilan Sejahtera serta Partai Golkar yang sama-sama memperoleh 11 kursi.

Lalu Partai Demokrat yang mendapatkan 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN mendapatkan 6 kursi. Selanjutnya PPP memperoleh lima kursi, Partai Nasdem empat kursi, Hanura 1 kursi, PSI satu kursi dan Partai Berkarya mendapatkan satu kursi.

"Pada rapat ini Alhamdulillah lancar, tidak ada yang protes. Jadi jelas semuanya," kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon.

Dalam pleno KPU Banten tersebut, empat dari enam belas partai politik yang ikut pada Pemilu 2019 lalu, tidak memperoleh kursi DPRD Provinsi Banten, yaitu Partai Garuda, PBB, PKPI dan Partai Perindo.


Berita Terkait :