Kaltim Siap Jadi Ibu Kota Baru Indonesia

M. Isa | Jum'at, 02/08/2019 19:43 WIB
Kaltim Siap Jadi Ibu Kota Baru Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR Ihwan Datu Adam mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur (Kaltim) telah siap menjadi calon ibu kota Republik Indonesia yang baru.

Menurutnya, Kaltim adalah satu-satunya provinsi yang telah memiliki infrastruktur dan sumber daya alam yang memadai serta masyarakat yang siap menyambut perpindahan ibukota ini.

“(Calon ibu kota) Ini sudah mengerucut jadi dua provinsi, yakni Kaltim dan Kalteng. Padahal semua provinsi yang ada di Indonesia berminat jadi ibu kota. Ya kami berjuang supaya ibu kota ini pindah di Kaltim, karena Kaltim ini berdasarkan hasil kajian Bappenas sangat layak karena infrastruktur sudah sangat siap," ujar Ihwan dikutip dari laman dprgoid, Jumat 2 Agustus 2019.

Ihwan menuturkan, soal daerah Kaltim yang menjadi pilihan ibu kota adalah Kawasan Bukit Soeharto. Kawasan ini sangat strategis karena diapit oleh Kota Balikpapan dan Samarinda. 

Namun Ihwan juga menyadari bahwa keputusan yang akan diambil Presiden Joko Widodo terkait ibu kota baru nanti adalah keputusan politik, karena itu ia pun akan terus menggalang dukungan agar Kaltim ini menjadi provinsi yang dipilih.

 


Berita Terkait :