Sukses Pimpin KPU, Arief Budiman Layak Jadi Walikota Surabaya

Ahmad Zubaidi | Senin, 22/07/2019 07:59 WIB
Sukses Pimpin KPU, Arief Budiman Layak Jadi Walikota Surabaya Ketua KPU Arief Budiman (doc. wartaekonomi.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kesuksesan menyelenggarakan Pemilu dan Pilpres 2019 membuat nama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dinilai layak untuk maju dalam Pilkada Surabaya 2020.

Sosiolog Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Agus Machfud Fauzi berujar, Arief sebagai putra Surabaya memiliki kapasitas memimpin Kota Pahlawan melihat kesuksesannya menahkodai KPU RI.

"Mas Arief Budiman layak maju Calon Wali Kota Surabaya. Apalagi beliau sebagai arek Suroboyo, dibesarkan di Surabaya memahami sosial, budaya dan politik masyarakat Surabaya," ujarnya di Surabaya, Minggu 21 Juli 2019.

Selain itu, Arief dinilai sudah waktunya memberikan yang terbaik kepada tanah kelahirannya. Menurut Agus, secara regulasi Arief diperbolehkan maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2020 dengan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisioner KPU RI

“Tapi secara etika, mas Arief tidak etis jika maju sebagai calon wali kota, padahal dia sudah berkomitmen selama 5 tahun kepemimpinan KPU RI akan menjalankan tugas sampai masa jabatannya berakhir,” terang Agus.

Saat ditanya soal momentum nasional berupa Pileg dan Pilpres 2019 telah usai yang memungkinkan maju di Pilkada Surabaya 2029, Agus mengatakan memang momentum tersebut sudah selesai, tetapi periode kepemimpinannya sampai 2022.

Begitu juga saat ditanya jika ada partai yang menghendaki, Agus mengatakan akan lebih baik jika partai mengajukan ketika Arief sudah selesai dari jabatannya sebagai Komisioner KPU RI.

"Tapi seandainya beliau bersedia diajukan oleh partai atau gabungan parpol, maka akan mempunyai terjemahan negatif oleh rakyat terhadap kesediaan tersebut," pungkasnya.