Menlu Sebut 40 Negara Sampaikan Selamat pada Jokowi

Rahmad Novandri | Senin, 27/05/2019 18:42 WIB
Menlu Sebut 40 Negara Sampaikan Selamat pada Jokowi Jokowi menggandeng tangan istrinya, Iriana Joko Widodo. (Dok Twitter)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mencatat hingga Senin siang sebanyak 40 kepala pemerintahan/negara dan tiga organisasi internasional menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada saat pengumuman dilakukan KPU, sejumlah kepala negara menyampaikan selamat kepada Presiden, sejauh ini sudah per hari ini, per detik ini sudah ada 40 negara plus tiga organisasi internasional yang sudah menyampaikan ucapan selamat," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.

Dijelaskannya, dengan perkembangan teknologi maka pengiriman ucapan selamat dapat dilakukan dengan cepat. "Karena teknologi baru mereka bisa mengucapkan selamat melalui berbagai saluran. Ada yang berupa twitter, menelepon langsung ke Presiden, tapi juga masih cukup banyak negara yang memakai cara yang tradisional," terangnya.

Retno menuturkan, tradisinya ucapan seperti itu disampaikan secara bersurat atau melalui saluran diplomatik. Dia mengakui bahwa cara tradisional akan memakan waktu yang cukup lama.

"Kalau twitter kan cepat naik, demikian juga kalau telepon," ucapnya.

Retno menyebutkan, kepala pemerintahan terakhir yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah PM Kanada. "Tadi juga saya melaporkan ke Presiden, bahwa Presiden Timor Leste juga ingin melakukan pembicaraan dengan Presiden untuk menyampaikan ucapan selamat," pungkasnya. 


Berita Terkait :