Program Transmigrasi Solusi Perkembangan Indonesia

M. Isa | Minggu, 26/05/2019 18:22 WIB
Program Transmigrasi Solusi Perkembangan Indonesia Anwar Sanusi (Sekjen Kemendesa PDTT) (foto: istimewa)
JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendes PDTT, Anwar Sanusi mengungkapkan, program transmigrasi menjadi salah satu solusi bagi perkembangan indonesia.
 
Menurut Anwar Sanusi, program transmigrasi telah memberikan kontribusi signifikan terutama untuk mengatasi problematika kependudukan dan problematika terkait kemiskinan.
 
"Wilayah transmigrasi saat ini sudah ada yang menjadi pusat-pusat pertumbuhan diluar Pulau Jawa. Kita sudah melihat bagaimana transmigrasi memberikan kontribusi bagi berdirnya dua provinsi, puluhan kabupaten, ratusan desa dan kecamatan," kata Anwar Sanusi dikutip dari laman kemendesagoid, Sabtu 25 Mei 2019. 
 
Jadi, jelas Anwar, dalam berbagai aspek, transmigrasi telah menjadi semacam ikon penting bagi pembangunan industri, bahkan menjadi inspirasi bagi negara tetangga untuk mengembangkan hal yang sama.
 
Bahakan, lanjut Anwar, Kemendes PDTT telah membuat dan mengusulkan program revitalisasi perekonomian desa kawasan transmigrasi dan daerah tertinggal yang tujuannya agar semakin tumbuh dan berkembang perekonomiannya.