BNPB Nilai Tiga Provinsi ini Paling Aman dari Bencana

Rahmad Novandri | Selasa, 30/04/2019 19:45 WIB
BNPB Nilai Tiga Provinsi ini Paling Aman dari Bencana Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Data Informasi dan Humas BNPB). (Foto; nusantaranews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada tiga provinsi di Indonesia yang dinilai aman dari bencana jika dipilih menjadi ibu kota di luar Pulau Jawa. Tiga provinsi tersebut diantaranya Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

"Kalau kita lihat dari tahun 1960 sampai dengan sekarang kejadian bencana wilayah paling aman ya di Kalimantan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta, Selasa, 30 April 2019.

Namun,terkait soal bencana kebakaran hutan, banjir dan longsor yang kerap terjadi karena ulah manusia, pihaknya memprediksi tata ruang di sana akan lebih diperhatikan. Sebab, menurutnya, dengan dipilihnya wilayah tersebut menjadi ibu kota, pemerintah pusat akan memperhatikan hal tersebut.

"Itu bisa dikendalikan. Apalagi itu dijadikan pusat pertumbuhan ibu kota," ucapnya.

Meski begitu, lanjutnya, pemindahan lokasi ibu kota tak hanya memperhatikan aspek daerah yang tidak rawan bencana saja. Karena itu, prosesnya masih diperlukan sebuah kajian yang panjang dengan sejumlah pihak terkait.

"Masih terus dikaji lebih dalam oleh Bappenas sehingga sampai nanti akan muncul tentang wilayah, kalau ini provinsi, lebih fleksibel, lebih layak," pungkasnya. 


Berita Terkait :