Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Jokowi-Ma`ruf dan Prabowo-Sandi Selisih 20 Persen

Rahmad Novandri | Selasa, 02/04/2019 21:22 WIB
Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Jokowi-Ma`ruf dan Prabowo-Sandi Selisih 20 Persen Dua pasangan Capres-Cawapres. (foto @JagaJokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - LSI Denny JA kembali merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres dan cawapres di Pemilihan Presiden 2019. Hasil survei menyebutkan bahwa pasangan Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih 20 persen.

Hasil survei ini disampaikan oleh Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) denny JA, Ardian Sopa di Graha Dua Rajawali-Lingkaran Survei Indonesia, Jalan Pemuda no. 70, Rawamangun, Jakarta, Selasa, 2 April 2019.

Dia memamaparkan, elektabilitas pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma`ruf sebesar 56,8-63,2%. Sementara, pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi sebesar 36,9-43,2%.

"Tampilan angka elektabilitas masing-masing capres dibuat dalam bentuk range elektabilitas, karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional," kata Ardian.

"Kalkulasi ini dilakukan karena Pilpres tinggal 16 hari lagi. Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput," tambahnya.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 18-26 Maret 2019 dengan melibatkan 1.200 responden. Survei ini dilakukan di 34 provinsi dengan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan dengan wawancara secara tatap muka menggunakan kuesioner dan Margin of Error sebesar 2,8%. 


Berita Terkait :