Naik MRT HI-Lebak Bulus, Menaker Pantau Keamanan Pekerja

Rahmad Novandri | Senin, 25/02/2019 16:32 WIB
Naik MRT HI-Lebak Bulus, Menaker Pantau Keamanan Pekerja Menaker Hanif Dhakiri mencoba MRT dari Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus, Senin (25/2). (Foto: merdekacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mencoba perjalanan menggunakan MRT dari Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus, Senin, 25 Februari 2019 siang. Tak hanya itu, Menaker juga meninjau keamanan para pekerja MRT.

Menurutnya, sejak awal pembangunan MRT hingga saat ini PT MRT Jakarta sangat mematuhi K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

"Sejak pembangunannya hinga sekarang mengenai K3 memang tidak ada masalah. Kami melihat PT MRT Jakarta telah menjalankan manajemen K3 dengan sangat baik," kata Hanif.

Selain itu,Hanif menilai kesadaran pekerja proyek MRT mengenai prioritas keselamatan juga cukup baik. Dia beralasan, setengah dari bisnis transportasi adalah bisnis keamanan, sehingga jika proyek tersebut tidak mengutamakan K3 pada pekerjanya, maka kredibilitasnya patut dipertanyakan.

Pembangunan MRT, lanjutnya, juga diperkirakan telah mempekerjakan 10 ribu orang dan akan membangun kantong-kantong ekonomi baru di area sekitar jalur MRT.

"Akan ada kos-kosan baru misalnya, atau tempat-tempat usaha baru yang membangun ekonomi baru," ucapnya.

Hanif berharap masyarakat dapat memanfaatkan MRT sebagai angkutan sehari-hari bagi masyarakat. Terkait soal tarif MRT, Hanif meyakini Pemprov DKI akan menetapkan tarif yang sesuai dengan ekonomi masyarakat. 


Berita Terkait :