Peduli Keberagaman, Daniel Johan: 90% Etnis Tionghoa Pilih Jokowi

Ahmad Zubaidi | Selasa, 12/02/2019 15:25 WIB
Peduli Keberagaman, Daniel Johan: 90% Etnis Tionghoa Pilih Jokowi Wasekjen DPP PKB, Daniel Johan (dok PKB Kalbar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sepak terjang Presiden Joko Widodo (Jokowi) merangkul dan menjaga keberagaman di Indonesia diakui banyak pihak, tak terkecuali bagi etnis Tionghoa Indonesia. Hal inilah yang membuat Jokowi semakin dicintai oleh etnis Tionghoa.

Wakil Direktur Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Paslon 01, Daniel Johan mengatakan, di kalangan Tionghoa, Jokowi dianggap figur terbaik dan sangat layak kembali memimpin Indonesia. Menurut Daniel, Jokowi adalah simbol yang konsisten menjaga keberagaman di Indonesia.

“Perkiraan saya, suara etnis Tionghoa yang memilih Jokowi dikisaran 80 sampai 90 persen, dari total etnis Tionghoa yang ada di Indonesia,” kata Daniel Johan dalam keterangan tertulis yang diterima Radarbangsa di Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, selain akan memilih Jokowi, banyak dari etnis Tionghoa yang secara aktif menyosialisasikan atau berkampanye untuk Jokowi.

“Sejauh ini TKN melakukan komunikasi dengan baik, tidak sedikit dari mereka yang ikut aktif berkampanye untuk Jokowi,” jelas Daniel Johan lagi.

Untuk program kerja bagi etnis Tionghoa, menurut Daniel memang tidak ada yang spesifik. Namun dengan komitmen menjaga keragaman dan mempermudah dalam izin usaha hingga infrastruktur yang sedemikian maju, secara tidak langsung etnis Tionghoa juga merasakan manfaat dari kebijakan tersebut.

Meski demikian, Daniel Johan yang juga Caleg untuk DPR RI di daerah Kalimantan Barat (Kalbar) mengaku, di daerah pemilihannya masih cukup banyak orang yang anti Jokowi. “Di Kalbar banyak warga termakan hoaks bahwa Jokowi anti Islam. Ini yang harus terus kita sosialisasikan bahwa itu hanya hoaks,” jelasnya.