Dihadiri Sejumlah Tokoh Sumbar, Kiai Ma`ruf Gelar Bedah Buku

Rahmad Novandri | Jum'at, 08/02/2019 21:45 WIB
Dihadiri Sejumlah Tokoh Sumbar, Kiai Ma`ruf Gelar Bedah Buku KH Maruf Amin memberikan sambutan dalam acara bedah buku di Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/2). (Foto: gatracom)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Calon wakil presiden nomor urut 01 KH. Ma`ruf Amin menggelar acara bedah buku `The Ma`ruf Amin Way` di Padang, Sumatera Barat, Jumat, 8 Februari 2019. Kiai Ma`ruf juga memberikan buku secara simbolis kepada sejumlah tokoh diantaranya putri Bung Hatta, Gemala Hatta, Rektor Universitas Baiturrahmah Musliar Kasim dan Rektor Universitas Andalas, Tafdil Husni.

Pada kesempatan tersebut, Kiai Ma`ruf mengatakan bahwa dirinya seorang ulama dan bukan ahli ekonomi. Namun, ia memberikan perhatian lebih terhadap masalah ekonomi khususnya ekonomi syariah.

"Saya kiai, ahlinya syariah. Tapi memang saya punya perhatian khusus terhadap masalah ekonomi," kata Kiai Ma`ruf di Padang, Sumatera Barat, Jumat, 8 Februari 2019.

Mustasyar PBNU itu memaparkan bahwa dirinya ingin menjaga umat dari kegiatan ekonomi yang tak sesuai dengan ajaran agama. Menurutnya, sistem ekonomi syariah sudah berjalan di Indonesia terutama bank syariah, asuransi, pasar modal, hingga sukuk atau obligasi syariah.

"Bahkan soal sukuk ini kita menjadi yang mengeluarkan sukuk terbesar di dunia. Sudah menyumbangkan untuk APBN kurang lebih Rp900 triliun," jelasnya.

Kiai Ma`ruf juga bersyukur mulai banyak bank-bank di daerah yang mengonversi sistem perbankan dari konvensional ke syariah. "Saya dengar juga Bank Nagari Sumbar akan menjadi syariah," ucapnya.

Tak hanya soal ekonomi syariah, Kiai Ma`ruf juga mendorong pengembangan sistem halal di Indonesia. Dia meminta masyarakat tak perlu khawatir karena sudah ada Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

"Semula halal ini bersifat sukarela, tapi setelah keluarnya UU itu, maka sistem halal di Indonesia bukan lagi sukarela tapi wajib," ujar Kiai Ma`ruf.


Berita Terkait :