Desa Bersinar Program Pemkab Purwakarta untuk Berantas Narkoba

Ainur Rasyid | Kamis, 13/12/2018 19:46 WIB
Desa Bersinar Program Pemkab Purwakarta untuk Berantas Narkoba Anne Ratna Mustika (Foto: Twitter/@ratna_anne)

PURWAKARTA, RADARBANGSA.COM- Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan hampir semua kecamatan dalam kategori wilyah merah yang rawan meredaran dan penggunaan narkoba.

"Peredaran narkoba sudah sangat memprihatinkan. Semua pihak harus memperkuat komitmen untuk memberantas peredaran narkoba," kata Anne Ratna Mustika, usai kegiatan Pengembangan Kapasitas dan Sinergi Tiga Pilar dalam Program P4GN, di Purwakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

Untuk menanggulangi peredaran narkoba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta meluncurkan Program Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Kata Bupati, melalui Desa Bersinar diharapkan semua elemen bisa bagu membahu mencegara berdarnya narkoba di lingkungan Purwakarta.

"Tahun ini sudah ada empat Desa Bersinar yang telah dibentuk, tahun depan akan ditambah lagi," ujar dia.

Untuk mengurangi dan menghilangkan penyebaran narkoba, Anne Ratna Mustika berharap Badan Narkotika Kabupaten (BNK) PUrwakarta dan BNN harus menjadi lembaga serius dalam menangani dan memberantas peredaran narkoba.

"Untuk mengurangi hingga menghilangkan penyebaran narkoba, harus serius penangannya dan harus ada lembaga yang sangat fokus pada hal itu," ucapnya.

Selain itu, Bupati mencanangkan setiap puskesmas punya tempat rehabilitasi korban narkoba.

"Selama ini, baru ada satu puskesmas yang punya tempat rehabilitasi korban narkoba. ke depan, seluruh puskesmas harus memiliki tempat rehabilitasi. Minimal, ada tempat puskesmas yang menjadi rujukan, khusus tempat rehabilitasi," ucapnya.