Haji 2019, Kemenag Usulkan `Jalur Cepat` ke Arab Saudi

M. Isa | Selasa, 11/12/2018 20:16 WIB
Haji 2019, Kemenag Usulkan `Jalur Cepat` ke Arab Saudi Lukman Hakim Syaifuddin (Menteri Agama RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Muhammad Salih bin Taher Bentin telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2019 di Mekah, Arab Saudi, Senin 10 Desember 2018.

Dilansir kemenaggoid, Kementerian Agama dikatakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengusulkan kebijakan fast track (jalur cepat) untuk seluruh embarkasi di Indonesia.

"Kami usulkan, kebijakan fast track (jalur cepat) yang tahun lalu telah diterapkan pada 70.000 jemaah yang berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta,  pada musim haji 1440H/2019M juga diterapkan di seluruh embarkasi Indonesia," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Menurut Lukman, kebijakan tersebut akan memudahkan jemaah haji, karena mereka tidak perlu mengantri lama untuk proses imigrasi di bandara Jeddah maupun Madinah.

"Kami sudah menjelaskan kepada Menteri Haji Kerajaan Saudi Arabia bahwa kebijakan tersebut akan memberatkan calon jemaah mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari 17.000 pulau," jelas Menag. 

 

 

 


Berita Terkait :