Lantik Andika Perkasa sebgai KSAD, Presiden: Tour of Duty-nya Komplit

M. Isa | Kamis, 22/11/2018 16:11 WIB
Lantik Andika Perkasa sebgai KSAD, Presiden: Tour of Duty-nya Komplit Presiden melantik Andika Perkasa sebagai Kepala Staff Angkatan Darat di Istana Jakarta, 22 November 2018 (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) Andika Perkasa sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Kamis 22 November 2018.

Pelantikan Andika Perkasa sebagai KSAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 97/TNI/2018, tanggal 22 November 2018. Ia menggantikan Jenderal TNI Moelyono yang akan segera memasuki masa pensiun.

Menurut Presiden Jokowi, pelantikan tersebut setelah dipertimbangkan dengan matang. Apalagi rekam jejak Andika Perkasa sangat mumpuni untuk menjabat sebagai kepala staf angkatan darat.

“Kita melihat rekam jejak Pak Andika ini pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, kemudian sudah pernah di penerangan juga. Saya kira apa itu, tour of duty nya komplit. Dan pernah di Komandan Paspampres,” kata Presiden Jokowi dilansir setkabgoid.

Presiden mengakui, memang ada beberapa kandidat yang diajukan untuk menjadi KSAD. Namun Andika dinilai memiliki rekam jejak yang komplit. “Jadi, ya memang ada beberapa kandidat tetapi inilah yang telah kita putuskan,” jelasnya.