Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa jadi KSAD

Rahmad Novandri | Kamis, 22/11/2018 14:05 WIB
Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa jadi KSAD Presiden RI Joko Widodo melantik Letnan Jenderal Andika Perkasa menjadi KSAD baru menggantikan Jenderal Mulyono di Istana Negara, Kamis (22/11). (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru di Istana Negara, Kamis, 22 November 2018 pagi. Andika menggantikan Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa pensiun. 

Pelantikan Andika ini sesuai dengan Keppres nomor 97/TNI Tahun 2018, yang ditanda tangani pada 22 November 2018. Pelantikan Andika dihadiri oleh sejumlah menteri dan pimpinan Lembaga negara.

Usai pelantikan, Jokowi mengatakan dihadapan awak media bahwa KSAD Jenderal Andika Perkasa adalah sosok yang komplet. Mantam Walikota Solo itu beralasan, Andika pernah menjabat berbagai posisi strategis diantaranya Komandan Paspampres dan Panglima Kostrad.

"Ini kan kita melihat rekam jejak Pak Andika pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, sebelumnya di Penerangan. Saya kira komplet," kata Jokowi di Istana Negara, Kamis, 22 November 2018.

Jokowi mengungkapkan bahwa sebelumnya ada empat nama yang diusulkan menjadi KSAD menggantikan Jenderal Mulyono. Namun, Jokowi memilih Andika.

"Memang ada beberapa kandidat. Tapi ini yang kita putuskan," ucap Jokowi. 

Meskipun telah dilantik, Andika baru akan memulai tugas sebagai KSAD pada Juli 2018. 


Berita Terkait :