Literasi Media, Publik Perlu Bersikap Rasional

| Jum'at, 02/11/2018 00:15 WIB
Literasi Media, Publik Perlu Bersikap Rasional Literasi media (foto: Istimewa)

BANJARMASIN, RADARBANGSA.COM- Agung Suprio Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat mengajak masyarakat untuk rasional dalam memilih progran siaran televisi. Hal ini disampaikan dalam gelaran kegiatan Literasi Media di Ruang Meeting Venus, Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu, 31 Oktober 2018

"Ada tanyangan televisi ratingnya bagus, tapi kualitasnya buruk. Nah, ini adalah tugas kita semua untuk memilah siaran," ungkap Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran KPI Pusat itu.

"Kuncinya publik musti rasional. Literasi Media, upaya KPI untuk mengajak publik rasional." Lanjutnya yang disamput dengan riuh tepuk tangan.

Senada dengan hal di atas, Wakil Ketua Komisi I DPRD Suripno Sumas, menyampaikan bahwa tak jarang terjadi parnomedia. "Peranan kita adalah melakukan kontrol. Tidak hanya pasif. Apakah siaran sudah sesuai dengan nilai dan norma sosial kita." Ungkap mantan Ketua KPI Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sri Astuty, Akademisi Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin menegaskan adanya potensi negatif, terutama kepada anak-anak. "Imitasi sangat sering terjadi bagi anak-anak, bahkan kita semua. Dan masih, kita temukan tayangan yang buruk. Sangat perlu proses pendampingan." Tutur Sri Astuty.

Gelaran acara yang berlangsung sampai jam 16.00 WITA ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Abdul Haris, sekaligus membuka kegiatan. Hadir juga Komisioner KPI Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, mahasiswa dan komunitas-komunitas se Kalimantan Selatan.

TAG : Literasi Media ,

Berita Terkait :