Usai Jum`at, Ratusan Jamaah di Donggala Tahlilan dan Istighotsah

Rahmad Novandri | Jum'at, 12/10/2018 23:55 WIB
Usai Jum`at, Ratusan Jamaah di Donggala Tahlilan dan Istighotsah Masyarakat Donggala mengikuti tahlil dan istighotsah bersama NU Peduli usai shalat Jumat (12/10). (Foto: NU Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ratusan pria duduk dalam shaf-shaf rapi sembari bibir mereka melafalkan tahlil dengan khusyu`. Raut wajah menggambarkan ketenangan dan kepasrahan kepada Allah.

Namun, tak sedikit bola mata terpejam dan air mata menetes. Tapi, bibir mereka terus mengucap tahlil, istighfar dan shalawat. Suara mereka menyatu dalam gemuruh yang mendamaikan.

Suasana itu terlihat usai pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Al-Ikhlas Desa Toaya, Kecamatan Sindue, Kabupaten, Donggala, Jum`at, 12 Oktober 2018. NU Peduli mengajak warga Toaya bersatu dalam tahlil dan istighotsah.

Tak kurang dari 300 warga terlibat dalam kegiatan ini. Sebelumnya mereka juga menjalankan shalat gaib untuk warga yang meninggal karena gempa dan tsunami.

Ustadz Arsyid, imam Masjid Al-Ikhlas mengatakan ada lima masjid besar terdekat dari wilayah ini. Namun, dua masjid mengalami kerusakan parah dan belum bisa digunakan.

Ia juga mengatakan sejak kejadian gempa bumi yang terjadi 28 September lalu, istighotsah dan tahlil baru kali ini diadakan di masjid tersebut.

“Kami sangat berterimakasih atas kedatangan dari NU Peduli Sulteng yang berkunjung di masjid ini. Banyak kegiatan yang dilaksanakan mulai shalat Jumat yang diisi oleh Tim NU dari imam dan khatib, dilanjutkan istighotsah,” kata Ustadz Arsyid sebagaimana dilansir dari nu.or.id.

Dalam istighotsah dan tahlil yang diikutinya, ia mengaku berdoa agar Allah mencukupkan bencana gempa bumi dan tsunami. “Banyak keluarga yang menjadi korban pada kejadian gempa yang lalu. Semoga Allah mencukupkan bencana ini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim NU Peduli Sulteng, H Irfan Abdul Ghafar mengatakan, kegiatan istighotsah dan tahlil sengaja diadakan bersama warga terdampak gempa sebagai dukungan spiritual dan mental. Dengan istighotsah dan tahlil ini, ia berharap Allah memberikan rahmat kepada warga Desa Toaya dan sekitarnya.


Berita Terkait :