Beri Kuliah Umum di Universitas Hankuk Seoul, ini Pesan Jokowi!

Rahmad Novandri | Selasa, 11/09/2018 21:23 WIB
Beri Kuliah Umum di Universitas Hankuk Seoul, ini Pesan Jokowi! Presiden Jokowi foto selfie bersama mahasiswa Universitas Hankuk Seoul usai memberikan Kuliah Umum, Selasa (11/9). (Foto: biropers)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan Kuliah umum di Universitas Hankuk Seoul, Selasa, 11 September 2018 waktu setempat dalam kunjungannya ke Korea Selatan. Jokowi menyampaikan kuliah umum di hadapan mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia-Malaysia.

Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara dalam event Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang beberapa waktu lalu. Menurutnya, inisiasi dari Presiden Korsel Moon Jae-in yang mengadakan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, sebagai sebuah sejarah baru di semenanjung Korea.

"Sebuah sejarah karena (dua) Korea (itu) saudara dekat. Satu rumpun, kalau bertemu adalah sebuah hal yang wajar dan saya sangat bahagia," ucap Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga menjelaskan bahwa Indonesia telah ditakdirkan berbeda-beda dan beragam. Wilayah Indonesia itu, lanjutnya, terdiri dari 17.000 pulau, 714 suku dan 1.100 bahasa daerah, namun persatuan tetap terjaga.

"Saya selalu berpesan kepada rakyat agar selalu saling menghargai, saling menghormati, selalu toleransi meskipun berbeda-beda. Itulah keragaman yang ada di Indonesia," ujar Jokowi.

Usai kuliah umum, Presiden Jokowi mendapatkan cindera mata dari mahasiswa yakni jaket bergaya sportif dengan karakter anak muda. Jokowi pun langsung mengenakan jaket tersebut dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan mahasiswa.