Idrus Marham Mundur, Presiden Lantik Agus Gumiwang jadi Menteri Sosial

Rahmad Novandri | Jum'at, 24/08/2018 17:08 WIB
Idrus Marham Mundur, Presiden Lantik Agus Gumiwang jadi Menteri Sosial Agus Gumiwang resmi dilantik sebagai menteri Sosial oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (24/8). (Foto: saifulmunir/sindonewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial hingga tahun 2019 mendatang. Agus menggantikan posisi Idrus Marham yang mengundurkan diri sebagai Mensos pada Jum`at, 24 Agustus 2018 pagi.

Sebelumnya, Idrus Marham beberapa kali dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1. Dengan alasan menyelesaikan persoalan hukumnya, Idrus mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi.

Pelantikan Agus Gumiwang berlangsung di Istana Negara, Jum`at, 24 Agustus 2018 mulai pukul 15.30 Wib. Proses pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Agus dilantik dengan Keppres nomor 148/P tahun 2018 tentang Pemberhentian dan pengangkatan menteri Sosial Kabinet kerja sisa masa jabatan 2014-2019 yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta, Jum`at (24/8).

Kemudian, Jokowi mengambil sumpah jabatan Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial. Usai disumpah, Jokowi dan Agus Gumiwang menandatangani dokumen sumpah jabatan.

Diketahui, acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Selain itu, sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara juga turut menyaksikan pelantikan tersebut. 


Berita Terkait :