Tangani Bencana Lombok, KemenPUPR Mobilisasi Alat Berat

M. Isa | Selasa, 07/08/2018 18:30 WIB
Tangani Bencana Lombok, KemenPUPR Mobilisasi Alat Berat Basuki hadimuljono (Menteri PUPR RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memobilisasi sejumlah alat berat, baik yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) maupun yang ada di daerah lain untuk secepatnya menangani kerusakan yang diakibatkan bencana gempa yang menerpa Lombok, Minggu 5 Agustus 2018 kemarin.

“Kita manfaatkan dam truk dan eskavator yang ada di sana, BUMN juga ada disana, ada Hutama Karya, ada Nindya Karya yang sedang mengerjakan bendungan, bandara, jalan, kita fokuskan minta ke sana,” kata Menteri Basuki Hadimuljono di Jakarta, Selasa 7 Agustus 2018.

Basuki menuturkan bahwa ada beberapa jembatan yang harus diperbaiki, kemudian air juga sangat sulit di situ. Tapi Kementerian PUPR sudah mulai mengebor hari ini.

Menurut Basuki, kebutuhan yang paling mendesak di lokasi bencana khususnya pengungsian adalah kebutuhan air dan sanitasi. Pemerintah terus berusaha menyediakan kebutuhan tersebut.

"Lombok Utara itu banyak air jadi masih bisa dengan sumur bor. Kalau sumber air, saya kira masih ada, tinggal kita mendekatkan ke para pengungsi,” jelasnya.