Tujuh Kepala Daerah Berprestasi Raih Penghargaan dari Kemendagri

Rahmad Novandri | Rabu, 25/04/2018 17:20 WIB
Tujuh Kepala Daerah Berprestasi Raih Penghargaan dari Kemendagri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo foto bersama Kepala Daerah usai penyerahan penghargaan untuk daerah dan kepala daerah berprestasi, Rabu (25/4). (Foto:laponews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada 2 daerah terbaik dan 7 kepala daerah berprestasi di ruang sasana bhakti, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Rabu, 25 April 2018 siang. Penghargaan diberikan oleh Wapres Jusuf Kalla (JK) yang didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo.

Dalam acara tersebut, Ada dua jenis penghargaan yang diberikan. Pertama adalah penganugerahan tanda kehormatan Samkaryanugraha Prasamya Purnakarya Nugraha yang merupakan penghargaan untuk daerah terbaik tiga tahun berturut-turut, kemudian yang kedua adalah penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai tanda jasa kepala daerah yang memiliki kinerja bagus.

Wapres mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang mendapat penghargaan ini. Ia berharap agar prestasi yang didapat oleh para Kepala Daerah hari ini dapat menjadi contoh untuk kepala daerah lainnya agar lebih bersemangat membangun daerahnya.

"Saya ucapkan selamat kepada Bupati dan Gubernur yang dapat penghargaan baik Satyalencana atau Samkarya tentu bagi kita semua penghargaan penting karena sebagai penghargaan prestasi yang dicapai dalam upaya kita semua untuk memimpin daerah baik Provinsi atau Kabupaten Kota. Sekaligus untuk para pejabat yang lainnya ini patut untuk jadi contoh," kata Wapres JK dalam sambutannya.

"Harapan kami semoga Kepala Daerah yang mendapatkan penghargaan ini agar dapat menjalankan fungsi-fungsi dan tugasnya sebagai kepala daerah dengan baik, sesuai dengan penghargaan yang telah dicapai," ungkapnya seperti dilansir dari laman detik.com.

Sementara, Mendagri dalam sambutannya melaporkan kepada JK soal program penghargaan yang sering diadakan rutin oleh Kemendagri terhadap Kepala Daerah yang berprestasi.

"Kami melaporkan singkat kepada Bapak, kami ucapkan terima kasih karena sudah hadir untuk menyerahkan penghargaan yang ini sudah tiap tahun rutin memberikan penilaian, bukan Kemendagri tapi semua untuk menentukan sebuah daerah itu sukses atau tidak, yang memecahkan rekor 6 tahun berturut-turut itu adalah Jatim dan selanjutnya daerah lain," jelas Tjahjo.

Adapun yang diberikan tanda kehormatan Prasmaya Purnakarya Nugraha adalah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Kabupaten Kudus yang diwakili sang bupati, Musthofa.

Sementara pemberian kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada 5 Bupati dan 2 Wali Kota. Berikut ini nama-nama kepala daerah yang mendapat Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha:

1. Bupati Malang, Hendra Kresna
2. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf
3. Bupati Kuningan, Acep Purnama
4. Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A Sappewali
5. Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi
6. Walikota Tanggerang, Arief Rachdiono Wismansyah
7. Walikota Pare-Pare, Taufan Pawe


Berita Terkait :