Menteri Agama Berikan Beasiswa Pada 848 santri

Rahmad Novandri | Rabu, 28/03/2018 15:02 WIB
Menteri Agama Berikan Beasiswa Pada 848 santri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan beasiswa PBSB secara simbolis pada Santri di kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu (28/3). (Dok Kemenag RI)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyerahkan dana bantuan pendidikan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) kepada 848 santri. Basiswa tersebut diberikan untuk para santri yang saat ini sedang kuliah di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Menteri Lukman melakukan penyerahan secara simbolis yang diberikan kepada masing-masing dua mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UGM, dan UPI Bandung. Penyerahan dilakukan bersamaan dengan Halaqah Santri Nusantara di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu, 28 Maret 2018.

Penyerahan beasiswa tersebut disaksikan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi, Rektor UIN Yogyakarta Yudian Wahyudi, serta ratusan santri penerima PBSB.

Menag Lukman mengucapkan apresisasi atas keberhasilan para santri mengikuti seleksi dan menjalani kuliah di berbagai perguruan tinggi. Menurutnya, PBSB menjadi bagian upaya Kemenag meningkatkan kualitas para santri.

“Kami akan terus berupaya menjadikan Indonesia sebagai barometer keislaman dunia,” kata Menteri Agama dalam sambutannya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga , Yogyakarta, seperti dilansir dari laman Kemenag RI.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi mengatakan, program ini merupakan bentuk afirmasi kepada santri untuk mendapatkan percepatan mobilitas sosial. “Ini instrumen agar santri lebih siap menyongsong masa depan,” katanya.

Untuk tahun ini, Kementerian Agama juga kembali membuka PBSB dengan kuota berjumlah 290 orang. Pendaftaran dibuka hingga 15 April 2018.

Sementara, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi MA Phd, mengatakan, program ini terbukti berhasil menyemai santri di berbagai perguruan tinggi ternama di dalam dan luar negeri.


Berita Terkait :