Pemerintah Sri Lanka Didesak Hentikan Kekerasan Terhadap Komunitas Muslim

M. Isa | Senin, 12/03/2018 21:30 WIB
Pemerintah Sri Lanka Didesak Hentikan Kekerasan Terhadap Komunitas Muslim Tentara berjaga di tengah kekerasan yang terjadi di Srilanka, (foto: Reuters)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Rofi` Munawar meminta kepada Pemerintah Sri Lanka agar menghentikan kekerasan terhadap umat muslim di Digana di Kandy, Srilanka.

Menurut Rofi` kekerasan yang terjadi di Sri Lanka mempunyai kemiripan dengan kekerasan yang terjadi di Rohingya, Myanamar yakni adanya pembiaran dari pemerintah.

"Adanya pembiaran kekerasan terhadap kalangan minoritas muslim oleh otoritas resmi dan penanganan konflik yang tidak tuntas," kata Rofi dalam rilisnya yang dilansir dpr.go.id, Senin 12 Maret 2018.

Rofi` menuturkan bahwa kemampuan mengelola dan meredam konflik akan sangat menentukan pemulihan kondisi di Sri Langka saat ini. "Dan pada saat yang sama harus di dorong munculnya dialog yang konstruktif," jelasnya.

Ia juga meminta kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa agar mencari jalan keluar masalah kekerasan di Sri Lanka tersebut agar tidak menyebar yang berdampak lebih parah lagi. "Khususnya PBB harus terus memantau perkembangan dan mendorong desakan penghentian kekerasan di Srilanka," tukasnya.


Berita Terkait :