Mendes Eko Sandjojo: BUMDes Motor Penggerak Pembangunan Desa

M. Isa | Senin, 12/02/2018 21:59 WIB
Mendes Eko Sandjojo: BUMDes Motor Penggerak Pembangunan Desa Presiden Jokowi dan Menteri Eko Putro Sandjojo meninjau langsung pembangunan Embung di Sumbar (foto: Kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sanjojo mengungkapkan bahwa keuntungan dari Badan Usaha Milik Desa(BUMDes) dapat meningkatkan perekonomian desa.

"BUMDesnya ini keuntungannya milik desa. Nanti keuntungan tersebut akan dikembalikan ke desa yang akan dimanfaatkan untuk program yang berguna bagi masyarakat," ujar Menteri Eko Sandjojo, dilansir Kemendesa.go.id, Senin 12 Februari 2018.

Menteri Eko menjelaskan bahwa, dalam waktu satu setengah tahun, BUMDes telah mengalami peningkatan yang lumayan signifikan dalam hal pembentukanya. "Dari 2.000 BUMDes menjadi sekitar 22.000 BUMDes di seluruh Indonesia," jelasnya.

"BUMDes yang sudah mengalami keuntungan ada sekitar 5 ribu BUMDes. Keuntungannya itu diatas Rp 10 juta hingga Rp 15 miliar," tambahnya.

Politisi PKB itu menuturkan bahwa BUMDes merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi perdesaan. Masyarakat Desa bisa terbantu oleh adanya BUMDes. 


Berita Terkait :