Bangun Embung di Dharmasraya, Ini Kata Menteri Eko Sandjojo

M. Isa | Kamis, 08/02/2018 20:45 WIB
Bangun Embung di Dharmasraya, Ini Kata Menteri Eko Sandjojo Presiden Jokowi dan Menteri Eko Putro Sandjojo meninjau langsung pembangunan Embung di Sumbar (foto: Kemendesa.go.id)

DHARMASRAYA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mendampingi Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis 8 Februari 2018.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Eko Sandjojo mengatakan bahwa kementerian yang dipimpinnya tengah membangun embung di Nagari (Desa) Sitiung. Pembangunan tersebut melalui skema padat karya tunai.

Dalam pembanguna embung tersebut, Eko menuturkan, Kemendesa melibatkan tenaga masyarakat desa dengan upah per minggu. Hal itu demi meningkatkan daya beli masyarakat di desanya.

"Di dalam pengerjaan embungnya dipakai tenaga kerja dari masyarakat. Masyarakat bisa mendapatkan upah karena mereka dibayar secara mingguan sehingga bisa meningkatkan daya beli di desanya," jelas Menteri Eko, seperti dilansir kemendesa.go.id.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, pembangunan embung di desa Sitiung tersebut selesai dalam tiga bulan atau 90 hari. Sementara dananya diambil dari dana APBN Kemendesa PDTT sebesarRp810 juta.

"Ini padat karya. Kita hitung 50 orang dengan memberikan upah sebesar sekitar Rp 85 ribu per hari yang dibayar per minggu," ujarnya.

Eko berharap, pembangunan embung tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat desa untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan kesejateraan masyarakat.