Mengintip Harta Kekayaan Cabup-Cawabup se Sulteng, Siapa Terkaya?

Ahmad Zubaidi | Jum'at, 02/02/2018 07:46 WIB
Mengintip Harta Kekayaan Cabup-Cawabup se Sulteng, Siapa Terkaya? Pilkada 2018 (Foto: kpugoid)

PALU, RADARBANGSA.COM - Sejumlah bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) se Sulawesi Tengah telah memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), belum lama ini.

Bukti LHKPN tersebut ternyata juga sudah diserahkan kepada KPUD setempat. Ketua KPUD Donggala, Muhammad Saleh berujar semua Calon Bupati dan Calon Wabup telah menyerahkan LHKPN kepada KPU. Namun KPU tak bisa memberikan rincian harta kekayaan dari masing-masing kandidat.

Pasalnya bentuk LHKPN yang diserahkan kepada KPU hanya sebatas tanda terima dari KPK, bahwa kandidat yang bersangkutan telah melaporkan harta kekayaannya.

“Kita tidak masuk ranah itu. Yang kita terima sebagai syarat itu hanya bukti atau tanda terima dari KPK bahwa kandidat sudah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK,” ungkap Saleh, Kamis 1 Februari 2018.

Berdasarkan data yang sudah masuk di website resmi lhkpn.kpk.go.id untuk Cabup dan Cawabup Kabupaten Donggala, drg Anita Bugiswati Nurdin MKes menempati posisi teratas dengan harta kekayaan sebesar Rp 49,9 miliar, sedangkan Cawabup-nya Abdul Rahman ST IAI Rp 7,7 miliar.

Cabup petahana sendiri memiliki harta kekayaan sebesar Rp 2 miliar. Sedangkan wakilnya Mohammad Yasin SSos Rp 132 juta. Harta kekayaan pasangan petahana lebih kecil dibandingkan Cabup dan Cawabup dari jalur perseorangan, Idham Pagaluma yang memiliki harta kekayaan Rp 2,2 miliar dan wakilnya Mohammad Yasin Lataka Rp 1,1 miliar.

Kemudian, Cabup incumbent, Vera Elena Laruni SE memiliki harta kekayaan Rp 763 juta dan Wabup-nya Taufik Burhan Rp 129 juta. Harta kekayaan paslon Vegata ini juga lebih kecil dari Cabup dan Cawabup jalur perseorangan, Tema Muhammad dengan harta kekayaan Rp 1,3 miliar dan pasangannya Rusli Zamzami Said sebesar Rp 657 juta.

Dua paslon dari jalur perseorangan lainnya, yakni Dr Suandi memiliki harta kekayaan sebesar Rp 1,1 miliar dan wakilnya Abduracman Kasim SH Rp 840 juta. Kemudian Cabup Burhanuddin Yado Rp 524 juta dan wakilnya Endah Wahyuning Asih Rp 256 juta.

Di Kabupaten Parigi Moutong, Cabup terkaya ada pada petahana Samsurizal Tombolotutu sebanyak Rp 6,7 miliar, Wabup-nya Badrun Nggai Rp 999,5 juta.

Cabup Erwin Burase Rp 4 miliar, dan wabup-nya Rahmawati M Nur Rp 558,2 juta. Cabup berikutnya H Amrullah Kasim Almahdali Rp 2 miliar dan wabup-nya Yufni Bungkudapu Rp 99,6 juta.

Sedangkan di Kabupaten Morowali Cabup terkaya Syarifudin Hafid memiliki kekayaan sebesar Rp 10,1 miliar, Wabupnya Chaerudin Zen sebesar Rp 2,8 miliar. Berikutnya Cabup Ambo Dalle kekayaannya sebesar Rp 3,3 miliar, dan wakilnya Aminuddin Awaludin sebesar Rp 4,5 miliar.

Selanjutnya Cabup Silahudin Karim memiliki kekayaan Rp 1,5 miliar, dan wakilnya Sunardin Firdaus sebesar Rp 750,6 juta. Dan yang terakhir, Cabup Taslim harta kekayaannya sebesar Rp 429,2 juta, dan Wabupnya H Nadjamudin sebesar Rp 711,4 juta.