Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Talang Ditutup Sementara

Rahmad Novandri | Kamis, 01/02/2018 23:08 WIB
Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Talang Ditutup Sementara Kebakaran hutan di Gunung Talang yang dipantau dari udara. (Foto: Kumparan.com)

SOLOK, RADARBANGSA.COM - Jalur pendakian Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, ditutup sementara karena kebakaran hutan di wilayah gunung tersebut.

Kapolsek Gunung Talang Iptu Naomi Siragi menjelaskan, jalur pendakian gunung dengan ketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut itu ditutup agar tidak ada aktivitas pendakian karena api masih membakar hutan.

"Posisi api masih menyala dan merupakan jalur pendakian," katanya seperti dikutip antaranews.com, Kamis, 1 Februari 2018.

Ia menjelaskan, ada dua jalur pendakian gunung Talang, yakni melalui Jorong Koto Ateh, Nagari Aia Batumbuak, dan Nagari Bukik Sileh, Kecamatan Gunung Talang. Sejauh ini, lanjut dia, pihak pos pendakian bersama warga sudah berhasil membawa turun 15 pendaki.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Dasril mengatakan hingga saat ini penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Petugas BPBD, Dinas Kehutanan dan petugas pengamat Gunung Talang telah menuju ke lokasi kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi api masih menyala dan kemungkinan luas lahan yang terbakar bertambah. Dan sampai saat ini belum ada informasi korban jiwa terkait bencana itu.

Gunung Talang merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di kawasan Kabupaten Solok, dengan ketinggian lebih kurang 2.597 dari permukaan laut. Lebih kurang 300 pendaki menanjak setiap minggunya.

Gunung itu merupakan salah satu objek pendakian yang diminati para pendaki karena jarak tempuhnya yang cukup dekat, sekitar tiga sampai empat jam untuk sampai ke puncak.

Kebakaran hutan terjadi di jalur pendakian Gunung Talang di Jorong Koto Ateh Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, pada Kamis (1/2) sekitar pukul 10.00 WIB.


Berita Terkait :