Perguruan Tinggi Asing Masuk Indonesia, Ini Komentar FRI

M. Isa | Selasa, 30/01/2018 23:20 WIB
Perguruan Tinggi Asing Masuk Indonesia, Ini Komentar FRI Ilustrasi

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Asep Saepuddin mengatakan menyarankan bahwa perguruan tinggi di Indonesia tidak usah khawatir oleh masuknya perguruan tinggi asing ke Indonesia.

"Kita tidak usah khawatir dengan beroperasionalnya perguruan tinggi asing," ujar Asep Saepuddin di Jakarta, Selasa 30 Januari 2018.

Menurutnya, masuknya perguruan tinggi asing tersebut merupakan rencana Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Tentu, lanjutnya, perguruan tinggi asing yang diizinkan haruslah kampus yang berbasis riset yang mengisi daerah-daerah perbatasan yang sumber dayanya belum teroptimalkan.

"Perguruan tinggi asing yang diperbolehkan buka, sebaiknya tipe universitas riset Oxford, Cambridge, Harvard, dan Massachusetts Institute of Technology (MIT)," tambanya.

Semenara Mantan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Edy Suandi Hamid menyarankan agar rencana tersebut dengan peraturan yang jelas. "Harus diatur, perguruan tinggi asing seperti apa yang boleh masuk ke Indonesia," tukasnya, seperti dilansir antaranews.


Berita Terkait :