Rumah DP Rp 0 Berbentuk Rusun, Berubah dari Janji Kampanye?

Rahmad Novandri | Kamis, 18/01/2018 14:01 WIB
Rumah DP Rp 0 Berbentuk Rusun, Berubah dari Janji Kampanye? Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Program rumah Down Payment (DP) Rp 0 yang diusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan wakilnya, Sandiaga Uno, akhirnya dimulai awal tahun 2018 ini. Namun, bentuk rumah yang akan dibangun Pemprov DKI Jakarta berubah dari janji kampanye. Alasannya?

Saat kampanye Pilkada DKI 2017 silam, Anies menekankan program DP Rp 0 ini akan berbentuk rumah tapak di tengah kota Jakarta. Namun belakangan Anies merevisi rencananya menjadi rumah lapis.

Terakhir, pada saat groundbreaking di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Program DP Rp 0 ini berubah lagi menjadi rusun (rusun).

"Program ini kita akan laksanakan untuk warga memiliki rumah. Kriterianya adalah rumah susun sederhana milik (rusunami) dan kita ingin agar mereka yang tinggal di Jakarta hak asasinya terpenuhi. Karena salah satunya adalah rumah tinggal," kata Anies dalam pidatonya di lokasi, seperti dikutip detik.com, Kamis, 18 Januari 2018.

Anies mengungkapkan, saat ini masih banyak warga Jakarta yang belum punya rumah sendiri. Oleh karena itu, Anies berharap program ini bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan masyarakat Jakarta.

"Di Jakarta banyak yang punya sandang pangan minus papan. Papannya nggak ada. Papannya kredit, kontrak. Program ini diharapkan bisa fasilitasi semua punya rumah," jelasnya.

"Ini penting membereskan ketimpangan di Jakarta. Kalau ditanya, kota mana yang harga tanahnya mengalami apresiasi tinggi? Jakarta. Di kota-kota mana yang bangunan rumahnya mengalami apresiasi tinggi? Jakarta," pungkas Anies.


Berita Terkait :