Kim Jong-Un Buka Pintu Dialog dengan Korsel

Ahmad Zubaidi | Senin, 01/01/2018 17:20 WIB
Kim Jong-Un Buka Pintu Dialog dengan Korsel Kim Jong-Un (Foto: telegraph.co.uk)

PYEONGCHANG, RADARBANGSA.COM - Istana Kepresidenan Korea Selatan menyambut tawaran hangat pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang membuka pintu dialog kedua negara. Tawaran dialog ini disampaikan Kim dalam Pidato Tahun Baru 2018.

Seperti dilansir tempo dari kantor berita Korea Selatan Yonhap, Senin 1 Januari 2018, Istana Kepresidenan Korea Selatan atau yang sering disebut Istana Biru juga menyambut pernyataan Kim yang akan mengirim delegasi pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Sebelumnya, Kim menyatakan bersedia berdialog dengan Korea Selatan. "Mengenai hubungan antara Utara - Selatan, kita harus menurunkan ketegangan di Semenanjung Korea untuk menciptakan lingkunan yang damai. Kedua negara harus saling berupaya."

Kim juga mengatakan dia mempertimbangkan pengiriman delegasi ke Olimpiade Musim Dingin, yang bakal digelar di Pyeongchang, Korea Selatan, pada Februari nanti.

"Partisipasi Korea Utara di Olimpiade Musim Dingin ini bakal menjadi kesempatan untuk menunjukkan persatuan rakyat dan kami harapkan acara itu berlangsung sukses. Para pejabat dari kedua Korea perlu segera bertemu untuk membahas ini," kata Kim.

Meski merangkul negeri jiran, Kim justru mengancam Amerika Serikat. Ia memperingatkan Amerika Serikat bahwa dia memiliki tombol nuklir di meja kerjanya dan siap menekan tombol ini jika merasa terancam.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan partisipasi Korea Utara dalam olimpiade ini akan menjadi keamanan acara itu.

Moon juga mendesak AS untuk menunda latihan perang besar di sekitar Semenanjung Korea Selatan, yang sering dikecam Korea Utara sebagai gladi resik untuk perang, hingga selesainya olimpiade.


Berita Terkait :