Menteri Eko: Swasta Bisa Tingkatkan SDM Desa

M. Isa | Jum'at, 15/12/2017 22:29 WIB
Menteri Eko: Swasta Bisa Tingkatkan SDM Desa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa pihak swasta bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan stakehorder desa.

Menurut Menteri Eko, keberadaan pihak swasta diperlukan untuk menerapkan dan berbagai knowledge terhadap pemangku kepentingan desa untuk membangun kemandirian dan mensejahterakan masyarakat desa.

"Perangkat desa itu sebagian besar masih bertamatan SD dan SMP. Kondisi ini membutuhkan upaya bersama untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di kalangan perdesaan,” ujar Menteri Eko di Batam, 14 Desember 2017.

Dilansir kemendesa.go.id, Menteri Eko menuturkan dana desa setiap tahun bertambah, hal itu terlihat pada anggaran 2015 sebesar Rp20,67 triliun, 2016 Rp46,98 triliun dan Rp60 triliun pada 2017.

“Hanya 12 persen saja kepala desa yang memiliki gelar S1, 62 persen yang lulusan SMA serta sisanya lulusan SD dan SMP,” tukasnya.

"Jadi, peningkatan kapasitas kepala desa dalam pengelolaan pembangunan desa sangatlah dibutuhkan," tutupnya.

 


Berita Terkait :