Enam Poin Penting yang Disampaikan Jokowi di KTT LB OKI

M. Isa | Rabu, 13/12/2017 22:42 WIB
Enam Poin Penting yang Disampaikan Jokowi di KTT LB OKI Presiden Jokowi hadiri KTT LB OKI di Turki, (Foto: Setgab.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menyampaikan enam poin penting dalam Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasam Islam (KTT LB OKI) di Istambul, Turki, seperti dilansir setkab.go.id, Rabu 13 Desember 2017 

"Pertama, OKI harus secara tegas menolak pengakuan unilateral tersebut. Two-state solution adalah satu-satunya solusi dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina,” ucap Presiden.

"Kedua, semua negara yang memiliki Kedutaan Besar di Tel Aviv, Israel, untuk tidak mengikuti keputusan Amerika Serikat memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem," ujarnya.

Ketiga, Presiden Jokowi mengatakan, negara OKI dapat menjadi motor untuk menggerakkan dukungan negara yang belum mengakui kemerdekaan Palestina, untuk segera melakukannya.

"Keempat, bagi negara anggota OKI yang memiliki hubungan dengan Israel agar mengambil langkah-langkah diplomatik. Termasuk kemungkinan meninjau kembali hubungan dengan Israel sesuai dengan berbagai Resolusi OKI," tambahnya. 

Kelima, anggota OKI harus ambil langkah bersama tingkatkan bantuan kemanusiaan, peningkatkan kapasitas dan kerja sama ekonomi kepada Palestina.

Sementara Keenam, Presiden berharap OKI harus mampu menjadi motor bagi gerakan di berbagai forum internasional dan multilateral untuk mendukung Palestina, termasuk di Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB.


Berita Terkait :