Sikap Gus Dur Patut Dicontoh Generasi Milenial

Rahmad Novandri | Jum'at, 10/11/2017 06:35 WIB
Sikap Gus Dur Patut Dicontoh Generasi Milenial KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). (NU Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Generasi muda milenial perlu mengenal sosok yang konsisten menyuarakan nilai-nilai ke-Indonesia-an, kesetaraan, dan keadilan. Sosok tersebut adalah mantan Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Fajar Riza Ul Haq dalam diskusi publik yang digelar Wahid Foundation, Kamis (9/11), Fajar mengatakan, generasi milenial sebaiknya menimba inspirasi dari sosok Gus Dur.

"Terlebih ketika situasi masyarakat seperti sekarang ini. Perbedaan pandangan dan pilihan politik saja sudah sering kali jadi pemicu permusuhan," ujar Fajar seperti dikutip republika.co.id, Jumat, 10 November 2017.

Fajar juga mengapresiasi sikap Gus Dur yang berjiwa besar dan menghindari kekerasan. "Gus Dur selalu bilang tidak menyukai kekerasan. Gus Dur juga melarang pendukung politiknya untuk mempertahankan posisinya sebagai presiden dengan cara-cara yang tidak demokratis dan kekerasan," pungkasnya.

Fajar juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap tingginya perkembangan teknologi, namun penggunanya tidak cukup cerdas. Isu-isu tidak benar seringkali beredar kemudian dikonsumsi begitu saja sehingga seringkali terjadi keributan.

"Generasi muda perlu lebih mengenal kearifan seorang Gus Dur. Gus Dur ini akan menjadi salah satu sumber oase menyegarkan bagi generasi milenial, tidak hanya saat berselancar di dunia maya tetapi juga ketika berinteraksi dalam realitas nyata," tuturnya.


Berita Terkait :