Begini Cara Bikin Cokelat Panas Kental Khas Eropa

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 08/05/2024 17:15 WIB
Begini Cara Bikin Cokelat Panas Kental Khas Eropa Hot Chocolate (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bukan rahasia lagi kalau Cokelat Panas Khas Eropa punya rasa yang enak. Apalagi selama musim liburan, dan sepanjang musim dingin minuman ini jadi minuman favorit masyarakat dunia. 

Cokelat panas – juga disebut minum atau menyeruput cokelat, memiliki banyak nama di seluruh Eropa: Prancis – Chocolat Chaud ; Italia – Cioccolato Caldo , Spanyol – Chocolate Caliente ; Austria – Wiener Schokolade , dll.

Namun apa pun namanya, cokelat panas khas Eropa dijamin sangat berbeda dan jauh lebih baik daripada cokelat panas tradisional mana pun yang Anda temukan di belahan dunia lain, yang kurang lebih seperti cokelat panas encer yang terbuat dari bubuk atau sirup.

Untuk membuat coklat panas khas eropa, anda harus menggunakan coklat batangan asli dan berkualitas baik. Resep coklat panas buatan sendiri hanya mengandung sedikit bahan, dan bahan terbesarnya adalah coklat, jadi pilihlah.

Gunakan coklat hitam atau pahit. Cokelat susu akan terasa terlalu manis, setidaknya bagi sebagian besar selera orang Eropa.

Beberapa resep coklat panas khas eropa membutuhkan krim dan sisanya barulah susu. Juga tidak banyak melibatkan air mengingat Eropa adalah surga bisnis coklat panas NYATA saat ini, dan coklat panas asli membutuhkan krim dan susu bukan air. 

Berikut ini adalah resep cokelat panas berdasarkan Café Angelina yang sangat terkenal di Paris.

 

Bahan - Bahan

  • 1 1/2 cangkir susu murni
  • 1/2 cangkir krim kental
  • 2 sendok teh gula bubuk
  • 1/2 sendok teh bubuk espresso opsional (opsional untuk memperkuat rasa coklat)
  • 8 ons coklat pahit, cincang 70 sebagian besarnya untuk melarutkan.
  • Semangkuk besar krim kocok untuk disajikan

 

 

Cara Membuat

- Dalam panci berukuran sedang dengan api sedang, kocok seluruh susu, krim kental, gula halus, dan bubuk espresso hingga muncul gelembung kecil di tepinya. Jangan biarkan campuran mendidih.

Angkat dari panci dari atas api dan masukkan coklat cincang sampai meleleh, kembalikan saus ke api kecil jika diperlukan agar coklat meleleh sepenuhnya. Sajikan hangat, atasnya dengan banyak krim kocok.

Pilihlah coklat kualitas terbaik karena rasanya benar-benar mempengaruhi minuman tersebut seperti Ghirardelli, atau Godiva yang bisa ditemukan di Indonesia. 

Sisa cokelat panas Prancis dapat didinginkan hingga suhu kamar, kemudian didinginkan dalam wadah kedap udara (stoples kaca atau stoples selai bisa digunakan dengan baik). Panaskan kembali perlahan di dalam microwave atau dalam panci dengan api kecil.


Berita Terkait :